Google Docs; Membuat dan Memasang Form Kontak Di Blog

Propellerads
Cara Membuat Form-nya

Google Docs ; bisa menjadi alat yang sangat berguna dan bermanfaat jika kita bisa menggunakan dan memanfaatkannya semaksimal mungkin, untuk sebagian besar yang berhubungan dengan pekerjaan kita yang sederhana, seperti membuat dokumen, presentasi,
preadsheet, dan sebagainya. Sekarang sekarang jadi lebih mudah dan ringan karena sekarang Google Docs sudah terintegrasi dengan Google Drive, dan masih menawarkan semua fungsi, pilihan backup dan lain sebagainya. Sampean juga dapat memanfaatkan banyak hal dengan Google Docs ini, dan itu termasuk membuat Form seperti yang akan kita bahas kali ini.
Memang, Google Form secara luas digunakan oleh surveyor, jurnalis, dan blogger pemula untuk membuat form kontak, kuesioner, dan banyak lagi. Dalam postingan ini saya akan menuliskan sedikit tentang bagaimana cara untuk membuat formulir kontak dengan Google Docs dan bagaimana cara memasangnya dalam blog atau website kita.
Sebenarnya membuat form kontak dengan Google Docs sangatlah mudah. Namun karena kita belum tahu banyak jadi seakan-akan terasa sangat sulit, kunci utamanya cuma satu yaitu terus belajar, belajar dan belajar. Untuk membuat Google Form dan atau untuk mengumpulkan tanggapan, Anda sangat memerlukan akun Google Drive. Inilah langkah-langkah untuk membuat formulir kontak/ keluhan/tanggapan/komentar untuk sampean, dan memasangnya ke blog atau website sampean.

Membuat Form Kontak
# Login ke Google Drive menggunakan akun Googlenya sampean.
# Klik tombol Create (id = Buat) di sisi kiri dan pilih Forms (id = Formulir).
# Pilih judul yang akan sampean gunakan untuk form sampean dan kemudian pilih template.
    Ini hanya sebuah desain template dan tidak akan mempengaruhi fungsi formulir sampean.
4 # Nah, sekarang saatnya untuk memulai menambahkan fieldnya. Sebuah field baru akan dibuat untuk Anda secara default.
Question Title (id = Jenis Judul) adalah label yang muncul sebelum field.
Masukkan judul untuk pertanyaan pertama Anda
(misalnya "Nama" / “Name” atau yang lainnya)
kemudian pilih Question Type, pilih saja dengan Text. Sampean dapat mengatur teks bantuan Sampean jika Sampean
menginginkannya Klik Done
selesai.
Nah, sekarang Sampean memiliki field input pertama.
Untuk input selanjutnya
5 # Sekarang klik Add item dan ulangi langkah yang sama untuk membuat field email. Bedanya kali ini, centang pilihan Required question kemudian klik Data validation - ceklist pilihannya.
Atur saja dengan Text, kemudian pilih Contains dan tambahkan '@'
seperti gambar di bawah ini.



6 # Sekarang saatnya membuat field pesan, atur Question Type menjadi Paragraph text.Sekarang Sampean sudah selesai dengan Form kontak dasar.
Sampean dapat menambahkan lebih banyak field sesuai dengan
Keinginan dan kebutuhan blog / hati sampean.


7 # Terakhir Anda klik tombol Send form (id = Kirimkan) yang berada di bawah dan pojok kanan atas untuk menyelesaikan dan menerima hasilnya yang berupa Script HTML untuk di publikasikan lewat label postingan.

Cara Memasang di Web Page

Sekarang sampean melihat link to share dan tombol Embed (id = Sematkan). Klik tombol itu dan kemudian sesuaikan ukuran form HTML yang sesuai, dan secara otomatis akan dihasilkan untuk sampean. Copy dan paste di mana saja di blog atau website sampean, dan sampean lihatlah dan nikmati hasilnya.

2 Responses to "Google Docs; Membuat dan Memasang Form Kontak Di Blog"

  1. Sudah saya praktekin dan ternyata gampang sekali membuat form kontak dari google docs. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok bro, Tq kembali telah berkunjung dan dapat membantu..

      Delete