Domain Gratis; Cara Mengganti Blogspot ke Domain Sendiri

Propellerads


Pengen rasanya mempunyai website, namun membuat website tidaklah gampang belum lagi biaya yang dikeluarkan kalau yang mudah juga harus ngeluarin biaya yang besar sekiranya biaya itu cukup buat makan 1 bulan, hehehehe
Emang apa yang membuat mahal?

Nah ini nie, mungkin banyak host yang menyediakan Hosting secara gratis akan tetapi mereka juga harus mengeluarkan sejumlah rupiah untuk pembelian yang namanya domain, kan ada domain gratis, kenap mesti bayar ?! untuk Domain tertentu saja yang minta mengeluarkan biaya seperti .com .org .net dan dot-dot lainnya, akan tetapi masih ada kok domain yang pake gratis alias ngak menguras kantong makanya saya mau bagi-bagi pengalaman dengan sobat-sobat sekalian.
Domain yang tidak mengguras kantog tersebut salah satunya ialah Codotvu (.co.vu), solusi buat sobat yang ingin domain secara cuma-cuma alias gratis dan sangat mudah untuk mendaftar serta mengganti domain kita terutama dari blogspot, berikut ini langkah-langkah cara mendaftar sampai berubah domainsobat menjadi .co.vu.
Pertama kunjungi web Codotvu disini.

Setelah sobat sudah lihat webnya perhatikan baik-baik screenshot diatas,dan  jangan buru-buru untuk mendaftar dulu, coba sobat masukkan nama domain yang sobat inginkan, tersedia kah apa tidak, nah kalau sudah tersedia dia akan berwarna hijau dan ada ceklistnya sampai disitu jika sobat sudah yakin tinggal klik tombol Register Domain.



Untuk langkah selanjutnya Registrasi Domain sobat dengan cara masukkan Username, Password (untuk login ke .co.vu) dan E-mail sobat kemudian klik Create Myaccount,
Setelah itu langkah berikutnya cara untuk mensinkronkan domain yang sobat buat tadi, dari blogspot ke domain sobat.


Jika semuanya sudah selesai maka cari menu Configurasi Dns >> pilih menu Blogger>> klik ikon Configure To Blogger.

Sebenarnya sampai langkah disini saya rasa sudah cukup, karena pihak .co.vu akan membantu memandu anda untuk menyelesaikannya, jadi sobat tinggal ikutin aja apa yang tertera pada layarnya, tapi sobat minimal ngerti b.ing, hehehehe maklum tutornya orang barat kalau belum ngerti oke deh saya lanjutkan untuk langkah berikutnya.
Setelah sobat klik configure to blogger tadi
Pertama sobat masuk ke Blogger sobat >> dasboard >> setelan >> dasar

Pada menu penerbitan alamat blogspot sobat di bawahnya ada link tambahkan URL pihak ketiga nah itu diklik dulu,


Setelah itu isi kolom tersebut dengan domain yang sobat buat tadi jangan lupa untuk menambahkan www setelah http dan lihat, taraaaaa....


Sobat masih gagal hehehehe jangan berkecil hati belajarlah dari kegagalan dan memang seharusya itu gagal, kalau ngak gagal bagaimana bisa tahu link/URL sobat yang sebenarnya.
Nah dari dialog yang gagal tadi perhatikanlah code host yang berada dibawah www dan bidang tujuannya.


Setelah tahu copy/paste kode di atas pada kolom pembuatan domain sobat di co.vu tadi terus sobat klik Preview (maaf lupa buat screenshotnya hehehehe :-d pokoknya tombol yang paling bawah sendiri deh didalam langkah-langkah pembuatan domain tadi) hingga muncul screenshot dibawah ini atau malah sebaliknya.

Sampai disini sobat hampir selesai dan kalau belum berhasil coba sobat ulangi langkah-langkah diatas jika domain sobat sudah berhasil, sekarang kembali lagi ke blogger sobat di tempat yang sama (penerbitan >> alamat URL) klik URL pihak ke-3 lagi dan ketik domain yang sudah sobat buat tadi dan jangan lupa untuk menamahkan www di domain sobat misal domain sobat jatuhhati.co.vu maka ketikkan www.jatuhhati.co.vu

Kemudian akan muncullah nama domain sobat seperti diatas dan jangan lupa untuk menceklisnya juga ya langkah terakhir klik Simpan.

Inilah hasil akhirnya dan sobat juga boleh menutup web Codotvunya juga. Hehehehehe....
Nah itulah tadi langkah-langkah/ Cara mengganti domain blogspot ke domain yang kita buat diweb Codotvu, semoga dapat bermanfaat buat sobat-sobat semuanya.
Akhirul kata mohon maaf bila ada salah dalam penulisan ini atau menyinggung para pembaca/penggunjung sekalian.